Selasa, 26 Januari 2010

Mobility in life..?

Era mobilitas akhir-akhir ini kian meningkat.. dengan berkembangnya web 2.0 serta adanya berbagai penunjang lain layaknya ponsel-ponsel yang dapat dengan cepatnya berakses ke dunia maya, membuat era komunikasi lebih global.. dengan hitungan detik, terlihat beribu2 status facebook maupun twitter serta situs-situs jejaring sosial lainnya terupdate dengan begitu cepatnya. Luar biasa bukan?
Dan tanpa kita sadari juga, dengan adanya hal-hal tersebut, dampaknya cukup besar terhadap kehidupan kita. Sekarang ini, manusia lebih sering duduk diam didepan laptopnya untuk melihat apa yang terjadi diluar, atau bahkan kemana2 memantengi ponselnya untuk mendapat berita..

gila! benarkah itu gila?

apakah dampak positif dan negatif dari hal ini?
mari kita bahas satu per satu..

Dengan adanya mobilitas yang makin tinggi ini, tentunya komunikasi jd lebih horizontal. Dan apa dampaknya jika komunikasi dapat makin horizontal bagi kehidupan kita? tentu kita dapat menambah berjuta2 teman/koneksi/network.. networking makin terjalin dengan terpenuhinya fasilitas2 pendukung mobilitas tersebut. Informasi dapat terserap dengan mudah dan cepatnya, baik itu dari negara kita sendiri, maupun dari global, smua dapat diemut dalam satu satuan waktu! Dari situ juga akan mempengaruhi detail konsumen/customer mobile (online). mereka yang terbiasa dengan ketersediaan informasi dan media yang cepat membuat diri mereka merasa butuh segala yang cepat, sehingga dengan demikian juga menuntut ketersediaan perusahaan2 yang bergerak cukup mobile untuk melayani mereka dengan cepat.

  • saya mengambil contoh disini ialah speedy. Ia benar-benar lambang teknologi, bukan? namun sangat disayangkan, kecepatan speedy dalam melayani customer complaint itu sangat lambat. beberapa kali customer yang benar2 sedang membutuhkan internet ngoceh karena tidak dapat menggunakan internet di rumahnya padahal mereka sudah membayar. Hal seperti ini sungguh disayangkan sekali.

  • bagaimana dengan contoh berhasilnya? sebenarnya cukup sangat banyak.. saya memiliki beberapa orang teman yang cukup sangat mobile sekali hidupnya.. mereka kebanyakan selalu melakukan kontak dengan cepat.. mereka berjualan handphone, ada yang menjual aksesoris, dan sebagainya.. respon mereka kepada konsumennya sangat cepat, bahkan dalam hitungan menit, transaksi sudah terjadi dan barang sudah ditangan pembeli.. atau setengah transaksi terjadi, dan keakuratan pengantaran barang terjamin sungguh.. luar biasa bukan..? dengan demikian keseriusan si penjual/dapat dikatakan marketer ini dalam menjalani bisnisnya sangat ketat, dan patut sekali diacungi jempoll.... :D
sayangnya, belum smua pebisnis melihat peluang yang sangat besar ini... semoga dengan cepat smua pebisnis bisa melakukan hal tersebut diatas, dimana smua menjadi horizontal dan tidak ada lagi batasan dlm berkomunikasi.. betapa menyenangkan hal itu jika benar2 terjadi... hehe..


namunnnn,,,

selain daripada dampak2 baik itu,, buruknya mobilitas tinggi serta segala hal yang berhubungan dengan teknologi abad ini, ialah: keterbatasan waktu kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sesungguhnya sangat dekat dengan kita. pernahkah kita menyadari bahwa kita berdiam didepan layar laptop sedangkan sebelum terdigitalisasi nya dunia, kita selalu berkumpul bersama kluarga sambil nonton bareng? ataau malah kita bersepeda ria-an di luaran atau bahkan teriak2 bareng tetangga? bagaimana kita dulu dengan kita sekarang begitu berbeda? terasakah hal itu?


mmm,,,
untuk sedikit direnungkan, perhatikan bagaimana hal2 positif yang kita sering bahkan selalu lakukan dulu dan tidak lagi kita lakukan sekarang... buat hal itu kembali muncul, dan hidup kita akan lebih berarti lagi.. selain tentu saja berusaha untuk ada di tengah jaman teknologi ini sambil membawa nilai2 positif yang pernah kita miliki dahulu, kita pasti menjadi yang terdepan... dan satu yang paling terakhir yang bisa saya sampaikan... namun tentu saja not the least part.. bahkan yang terpenting sekali.. Tuhan.. utamakan DIA dalam hidup kita, lalu baru lah kemudian hal2 pendukung lainnya.. niscaya smuaaaa hal dapat terselesaikan dengan baik!

that's all for today..

nite Blog :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar